Sabtu, 13 Juni 2009

HUKUM, ANTARA KEADILAN DAN KEPASTIAN HUKUM

Hukum ada karena adanya yang mengatur dan adanya yang diatur, karena hukum adalah instrumen untuk mengatur masyarakat agar kondisinya sesuai keinginan/harapan dari yang mengatur. Hukum ada karena adanya cita-cita untuk dapat dirasakannya keadilan bagi masyarakat.


Dalam konteks masyarakat kekinian, mungkin cita-cita hukum akan sebuah keadilan adalah fatamorgana, atau justru maya bahkan hampa. Keadilan sebenarnya hanyalah sebuah cita-cita, hanyalah titik cara mengarahkan pandangan akan harapan, keadilan tidak dapat disentuh, keadilan tidak dapat dirasakan semua, keadilan bukan untuk semua, karena keadilan hanya dapat dirasakan bagi yang dimenangkan.


Keadilan mungkin hanya ada dalam rengkuhan tuhan, dan saat ini tiada wakil tuhan diatas bumi ini, termasuk hakim pun, hakim adalah wakil penguasa/pemerintah untuk menilai pada titik akhir pada sedikit proses tentang sebuah persoalan/persengketaann hukum, untuk menilai di kabulkan atau tidak atas suatu permohonan/gugatan, juga untuk menilai terbukti atau tidak dakwaan jaksa atas dugaan melakukan kesalahan, jadi produk hakim hanya mengabulkan atau tidak, dan menyatakan terbukti atau tidak, hakim tidak untuk menilai salah atau benar.


Karena kondisi kesadaran hukum banyak elemen masyarakat saat ini masih berada dalam fase memprihatinkan karena panca roba sikap dan ego kelompok bahkan institusi, maka tentu rasa keadilan akan semakin sulit untuk sekalipun hanya dijadikan cita-cita, sehingga dalam kehidupan masyarakat saat ini khususnya dalam tataran pergulatan praktek hukum hanya dapat mengupayakan adanya kepastian hukum sebagai cita-cita, artinya kepastian kalah atau menang, kepastian dipersalahkan atau tidak.


Keadilan adalah sebuah harapan sebagaimana cita-cita akan kondisi adil dan makmur, tidak akan bisa diketahui kapan tercapai, jargon keadilan adalah arah untuk berjalan, bukan sesuatu yang akan diraih, kepastian hukum setidaknya yang dapat dirasakan, atau setidaknya dapat menggantikan cita-cita keadilan yang tidak akan pernah dapat dipegang.

2 komentar:

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.net
    arena-domino.org
    100% Memuaskan ^-^

    BalasHapus
  2. Videoslots, videoslots, videoslots, videoslots, videolots, videoslots
    Discover over 5000 free videoslots. Watch youtube mp3 thousands of popular animated videoslots,videoslots, videoslots, free.

    BalasHapus